Mengenal Penyakit Vertigo yang Tidak Bisa Diremehkan

GEEKY – Menjalani aktivitas sehari-hari secara normal tentu hanya bisa dilakukan apabila tubuh kamu sehat. Namun seperti yang diketahui bahwa penyakit seringkali datang tanpa pernah bisa ditebak datangnya.

Salah satu kondisi sakit yang paling mengganggu adalah ketika mendadak kepala kamu seperti berputar cepat dan segala kamu yang lihat juga ikut berputar. Gejala ini juga dibarengi dengan sensasi berat pada kepala yang sangat menyiksa.

Apabila kamu mengalami semua gejala tersebut maka kemungkinan besar, vertigo sedang menyerang tubuhmu. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap remeh vertigo dan bahkan tidak terlalu mengenalnya. Sebaiknya kamu mengenal lebih jauh tentang penyakit vertigo ini agar tidak lagi memandangnya sebelah mata.

Pengertian Vertigo

Sebelum membicarakan penyakit vertigo secara lebih jauh maka kamu terlebih dulu mengerti tentang definisi atau pengertian dari penyakit vertigo ini terlebih dulu. Hal ini nantinya sangat berguna agar jangan sampai kamu salah dalam mendiagnosis gejala sakit yang sedang kamu alami.

Jadi bagaimana, apakah kamu sudah tahu? Jika belum, jangan terlalu khawatir karena sekarang akan dijelaskan secara lebih gamblang. Vertigo ini sendiri diambil dari bahasa latin yaitu vetere. Vetere apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia maka memiliki arti yaitu memutar.

Hal tersebut tentunya sudah cukup menggambarkan para penderitanya ketika vertigo menyerang mereka. Soalnya ketika vertigo menyerang maka terjadi persepsi gerakan pada penderitanya sehingga membuat kepala mereka serasa berputar-putar.

Tidak berhenti sampai di situ saja, karena gejala vertigo juga akan dilanjutkan dengan kondisi mual hingga muntah. Apabila sudah sampai terlalu parah maka bisa dipastikan akan membuat penderitanya kehilangan kesadarannya.

Penyebab Vertigo

Terjadinya penyakit vertigo tentunya tidak terjadi dengan begitu saja. Ada beberapa faktor yang kemudian memicu munculnya vertigo ini. Lantas apa saja penyebab yang memicu terjadinya vertigo? Berikut ini beberapa penjelasan lebih lengkapnya.

1. Dehidrasi

Penyebab vertigo yang pertama kali adalah terjadinya dehidrasi pada tubuh kamu. Seperti yang diketahui bahwa kondisi dehidrasi ini memang memberikan banyak efek samping buruk pada tubuh.

Salah satunya adalah munculnya kondisi vertigo yang sangat menganggu. Untuk itulah, penting sekali bagi kamu untuk selalu mencukup kebutuhan cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

2. Tubuh Kekurangan Vitamin D

Nyatanya kekurangan vitamin D juga memiliki peranan terhadap terjadiya penyakit vertigo yang terjadi pada tubuh. Kesimpulan ini diambil langsung dari sebuah penelitian medis yang mengatakan bahwa kekurangan vitamin D bisa memicu hingga memperburuk kondisi penyakit vertigo. Jadi selalu pastikan bahwa kamu selalu mengonsumsi makanan atau minuman untuk memenuhi kebutuhan vitamin D ini.

3. Mengonsumsi Minuman Alkohol yang Berlebihan

Memiliki kebiasaan meminum alkohol memang memiliki banyak sekali dampak negatif pada tubuh. Apalagi kalau kebiasaan minum alkohol tersebut tergolong sudah berlebihan dan tidak terkontrol. Maka sudah bisa dipastikan berbagai dampak buruk akan muncul.

Termasuk terjadinya vertigo yang sangat menganggu ini. Hal tersebut juga tidak lepas karena mabuk alkohol akan mengakibatkan dehidrasi berlebihan pada tubuh. Sesuatu yang pastinya akan semakin memperburuk kondisi maupun penyakit vertigo yang sedang dialami oleh seseorang.

Obat Vertigo

Jika penyakit vertigo tersebut sudah menyerang kamu maka pasti rasanya akan sangat menyiksa. Untuk itulah, pastinya setiap orang tidak ingin berlama-lama merasakan penyakit vertigo tersebut dan ingin segera mencari obatnya.

Bagi kamu yang kurang nyaman apabila langsung menggunakan obat-obatan medis maka tidak ada salahnya untuk menggunakan pertolongan pertama sebagai obat dari vertigo tersebut. Ada beberapa langkah pertama yang bisa dicoba seperti melakukan tidur apabila vertigo sudah mulai terasa.

Hal ini tidak bisa dilepaskan karena salah satu penyebab utama dari vertigo adalah tubuh yang kurang istirahat atau kurang tidur. Jadi pastikan bahwa kamu bisa mencukupi kebutuhan istirahat atau kebutuhan tidur seperti yang seharusnya.

Gejala Vertigo

Namun ada baiknya lho sebelum kamu melakukan pemgobatan terhadap vertigo tersebut maka pastikan terlebih dulu bahwa penyakit yang diderita memang vertigo. Soalnya apabila sampai salah diagnosis tentunya pengobatan yang diberikan juga akan percuma saja. Guna memastikan bahwa penyakit vertigo yang sedang dialami maka bisa diketahui dari gejala yang dirasakan.

Gejala dari vertigo ini sendiri seperti terjadinya gerakan mata yang muncul secara tidak wajar. Lalu dilanjutkan dengan mulai munculnya keringat yang tidak bisa dikontrol dari dalam tubuh. Dilanjutkan dengan masalah pada pendengaran kamu.

Sebut saja seperti telinga yang mendadak berdenging hingga pendegaran yang menjadi tidak awas lagi. Biasanya baru dilanjutkan dengan sedikit demi sedikit mulai kehilangan kesadaran yang dimiliki. Apabila semua gejala tersebut ternyata kamu rasakan maka besar kemungkinannya bahwa kamu mengalami penyakit vertigo.

Obat Herbal Vertigo

Dengan memastikan bahwa kamu memang terkena penyakit vertigo maka pastinya akan jauh lebih mudah menemukan obat guna menyembuhkannya. Ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa kamu pilih. Mulai dari obat medis hingga obat herbal untuk menyembuhkan penyakit vertigo.

Namun apabila kamu merasa bahwa obat medis seringkali memiliki efek samping yang tidak menyenangkan maka kamu bisa menjatuhkan pilihan pada obat herbal penyembuh vertigo seperti berikut ini.

– Jahe

Obat herbal vertigo pertama yang bisa kamu coba adalah jahe seperti yang satu ini. Sudah sejak lama diketahui bahwa jahe ini memang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun mungkin belum banyak yang tahu bahwa khasiat jahe yaitu melancarkan peredarah darah ternyata dapat mengurangi gejala vertigo.

Guna memanfaatkan jahe ini sendiri juga tergolong tidak terlalu sulit. Kamu cukup menyeduh jahe ini dengan air hangat dengan campuran teh hangat atau madu guna meredakan vertigo ini.

– Gingko Biloba

 Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa gingklo biloba ini memang berguna untuk menyembuhkan penyakit vertigo. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari manfaat gingko biloba itu sendiri yaitu mampu memicu peredarah darah untuk bisa masuk ke bagian kepala. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya maka kamu cukup menyeduhnya dengan teh hangat untuk rasa yang jauh lebih nikmat.

– Lada Merah

Selama ini masih banyak orang yang menjadikan lada merah hanya sebatas sebagai bumbu masakan saja. Namun nyatanya manfaat yang dimiliki oleh lada merah lebih banyak dan lebih luas dari itu semua.

Termasuk manfaat untuk bisa menyembuhkan kondisi vertigo. Semuanya disebabkan karena lada merah ini memiliki kandungan capsaicin yang mampu melancarkan alirah darah yang menuju ke otak sehigga meringkan kondisi vertigo.

– Ketumbar

Mengingat bahwa negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah. Tentunya tidak heran apabila berbagai jenis rempah melimpah di Indonesia. Termasuk di antaranya adalah ketumbar yang ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit vertigo. Antiradang dalam kandungan ketumbar ternyata sangat ampuh dalam membasmi bakteri yang menjadi penyebab dari penyakit vertigo tersebut.

– Daun Selasih

Seringkali digunakan sebagai penyedap ternyata kamu bisa juga lho menjadikannya sebagai obat herbal untuk penderita vertigo. Kandungan alami di dalamnya diketahui dapat melawan antibakteri yang menjadi penyebab munculnya vertigo.

Obat Vertigo di Apotik

Namun pada kenyataannya, tidak semua orang nyaman menggunakan obat herbal guna menyembuhkan penyakit vertigonya. Terutama karena pengolahan dari obat herbal ini yang kadang memang membutuhkan waktu cukup lama. Bagi kamu yang mendambakan kepraktisan maka obat medis pasti menjadi jawaban terbaiknya. Tenang saja, ada beberapa pilihan obat medis untuk vertigo yang bisa dibeli di apotik seperti berikut.

1. Meclizine

Jika kamu mendatangi apotik dan ingin membeli obat guna menyembuhkan vertigo maka meclizine bisa dijadikan pilihan pertamanya. Kenapa begitu? Sederhana saja karena obat jenis antihistamin ini memiliki manfaat untuk merigankan gejala yang disebabkan oleh vertigo. Sebut saja seperti kepala yang berputar hingga kondisi mual.

2. Promethazine

Sebenarnya obat ini memiliki fungsi utama yaitu mengobati rasa mual hingga muntah yang terjadi pada tubuh. Seperti yang diketahui bahwa rasa mual hingga muntah ini juga merupakan efek dari terjadinya vertigo. Jadi tentunya akan sangat membantu ketika kamu sedang mengalami vertigo dan segera membeli obat ini di apotik.

3. Diphendyramine

Keuntungan dari membeli obat ini adalah kamu tidak perlu resep dokter untuk membelinya. Namun tetap dengan catatan bahwa pemberian dosis obat ini juga mesti diperhatikan dengan baik-baik. Untuk orang dewasa maka dosis yang dianjurkan adalah sekitar 25 hingga 50 mg.

4. Dimenhydrinate

Berikutnya adalah dimenhydrinate yang juga bisa didapatkan di apotik ataupun toko obat di sekitar kamu lho. Selama ini lebih banyak orang yang mengenal obat ini sebagai obat untuk mengatasi mabuk perjalanan. Namun mungkin belum banyak yang tahu bahwa obat medis yang satu ini juga digunakan untuk mengatasi kondisi vertigo yang menganggu. Tentu obat ini bisa ditemukan dengan mudah di apotik terdekat dari rumah kamu.

Ciri-Ciri Vertigo

Ada baiknya sebelum kamu melakukan pengobatan terhadap penyakit vertigo yang dialami maka pastikan terlebih dulu bahwa itu memang vertigo. Soalnya apabila kamu sampai salah mendiagnosa tentunya obat yang dikonsumsi menjadi berbeda.

Untuk bisa memastikan bahwa kamu memang benar-benar mengalami vertigo maka bisa dinilai dari ciri-ciri yang dialami seperti berikut.

1. Mual hingga Muntah

Ciri pertama yang dialami oleh penderita vertigo adalah munculnya kondisi mual hingga muntah. Biasanya hal ini akan diawali dengan perasaan mual yang kemudian makin menjadi-jadi hingga akhirnya berujung pada muntah. Timbul juga perasaan tidak nafsu makan dalam waktu yang cukup lama.

2. Berkeringat yang Berlebihan

Berkurangnya aliran darah ke otak karena vertigo akan membuat tubuhmu mulai mengeluarkan keringat yang secara berlebihan. Tidak berhenti sampai di situ saja karena apabila kondisi terus bisa semakin memburuk hingga kamu mengalami pingsan. Suplai oksigen yang tidak masuk dengan baik ke otak adalah penyebab utamanya.

3. Telinga yang Berdenging Keras

Gejala vertigo ternyata juga akan menyerang langsung pada bagian pendengaran seseorang. Hal ini dibuktikan dengan munculnya gejala telinga yang akan berdenging dengan keras.

Jika semakin parah dan juga dibiarkan maka perlahan kemampuan telinga untuk mendengar juga perlahan akan mulai menghilang. Biasanya hal ini akan dibarengi dengan hilangnya kesadaran.   

4. Sensasi Tubuh yang Terjatuh

Sedangkan gejala terkahir dari penyakit vertigo ini adalah munculnya sensasi tubuh yang terjatuh pada penderitanya. Biasanya sensasi terjatuh ini disebabkan karena rasa berputar yang terus berada di kepala. Sensasi tubuh yang terjatuh ini akan dirasakan berbeda-beda tiap penderitanya. Mulai dari dari ada yang beberapa menit sekali hingga ada yang beberapa jam sekali.

Cara Mengatasi Vertigo

Setelah memastikan bahwa kamu memang terkena vertigo maka segeralah ambil langkah untuk mengatasinya. Terutama apabila kamu ternyata sedang berada di luar dan tidak bisa mengonsumsi obat pereda nyeri dengan segera.

Namun kamu tidak perlu khawatir berlebihan lho karena ada beberapa pengobatan cepat ketika kamu sedang tidak berada dalam kondisi memungkinkan meminum obat. Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan segera duduk ketika gejala vertigo sudah mulai dirasa.

Soalnya ketika kamu tetap memaksakan berdiri ketika sedang mengalami vertigo maka bisa saja memperburuk kondisi. Termasuk memperbesar kemungkinan kalau kamu bisa saja terjatuh. Jadi sebaiknya segeralah duduk.

Selain itu, jangan lupakan juga untuk rutin mengonsumsi air putih yang cukup. Dikarenakan apabila tubuh kekurangan cairan maka bisa memancing banyak sekali penyakit dalam tubuh. Termasuk terjadinya penyakit vertigo ini.

Guna semakin menyempurnakannya maka disarankan untuk membatasi atau menghindari makanan yang dapat memicu penyakit vertigo. Sebut saja seperti alkohol hingga makanan berkolestrol tinggi.

Terapi Vertigo

Apabila berbagai cara di atas ternyata tetap tidak mampu menyembuhkan vertigo yang dialami maka kamu mesti mencoba cara yang lain. Apa itu cara yang bisa kamu coba? Cara tersebut adalah dengan menggunakan terapi vertigo seperti yang satu ini.

1. Terapi Vertigo Bradt Darrof

Terapi vertigo pertama yang bisa kamu coba guna mengatasi penyakit vertigo adalah terapi vertigo bradt darrof seperti yang satu ini. Caranya terbilang cukup mudah yaitu kamu hanya perlu duduk tegak di sisi ranjang tapi dengan posisi kaki yang masih menggantung. Barulah kemudian dilanjutkan dengan menutup mata setidaknya selama 30 menit.

2. Terapi Istirahat

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa ternyata istirahat juga bisa dijadikan terapi untuk menyembuhkan gejala vertigo yang dialami. Untuk bisa menerapkan terapi ini juga terbilang sangat sederhana sekali.

Nantinya kamu cukup melakukan istirahat selama gejala vertigo menyerang dan tetap melakukan istirahat setelah gejala vertigo setelah gejala mulai turun. Bukan tanpa alasan karena istirahat yang cukup ini akan sangat membantu lho guna menyembuhkan gejala vertigo yang sangat menyiksa tersebut.

3. Terapi Air

Lalu untuk terapi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan terapi air. Seperti namanya, terapi ini fokus untuk memenuhi kebutuhan air atau cairan dalam tubuh. Semuanya tidak bisa dilepaskan dari faktor utama penyebab vertigo adalah karena tubuh yang kekurangan cairan. Jadi memenuhi kebutuhan cairan tersebut adalah faktor penting utama dari terapi ini.

Bahaya Vertigo

Supaya kamu tidak lagi memandang sebelah mata dari vertigo maka penting sekali mengetahui bahaya yang disebabkan oleh vertigo ini. Lantas apa saja sih, bahaya yang dimiliki oleh penyakit vertigo ini? Sebut saja seperti bahaya karena akan meningkatkan risiko kecelakaan ketika kamu sedang berkendara di jalan.

Bayangkan saja, vertigo menyerang ketika kamu sedang berkendara maka bisa dipastikan akan menurunkan fokus kamu hingga menyebabkan kecelakaan.

Lantas bahaya berikutnya adalah bahaya vertigo ini pastinya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Bahkan bahayanya adalah vertigo ini bisa membuat kamu kehilangan kesadaran secara mendadak. Jadi tentunya sudah tidak ada lagi alasan untuk memandang remeh vertigo ini.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat kamu lebih mengenal penyakit vertigo yang tidak bisa diremehkan. Jadi apabila kamu merasa mengalami gejala vertigo maka segeralah lakukan pengobatan agar berbagai hal yang tidak diinginkan bisa dihindari secepat mungkin.

Baca juga : 5 Cerita Rakyat Yang Perlu Anda Tahu

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *