Alasan J-Pop Makin Eksis di Dunia Digital

Ngomongin musik di dunia digital memang nggak pernah ada habisnya. Termasuk musik J-Pop yang geliatnya terus terlihat kuat di era ini. Sudah banyak musisi J-Pop yang karyanya terus bergaung di dunia internasional dan menggaet banyak penggemar. Padahal bukan perkara gampang lho, apalagi kalau ingat persaingan di dunia digital sangat ketat sekali. Musisi dari seluruh dunia berebut atensi yang sama.

Pastinya hal ini membuat kamu penasaran sekaligus ingin tahu. Rahasia apa sih yang dimiliki oleh J-Pop sehingga bisa terus eksis di dunia digital seperti sekarang ini. Buat kamu yang penasaran, intip saja alasannya di bawah ini.

  1. Peraturan Kuat Anti Bajakan

Bajakan emang sudah lama jadi musuh utama dari banyak kreator. Nggak terkecuali dunia musik yang semakin limbung karena kasus bajakan yang makin menggila. Bukan masalah lho sepele bajakan ini karena membuat banyak musisi tidak mendapatkan hak ekonomi atas karyanya. Untungnya, pihak Jepang terbilang memiliki peraturan yang sangat kuat terhadap bajakan ini. Peraturan ini membuat siapapun yang terlibat dalam aksi bajakan akan mendapatkan hukuman yang sangat berat.

Semua konsekuensi itulah yang bikin budaya anti bajakan melekuat kuat di Jepang lho. Hal ini bikin semua penduduk Jepang sangat menghargai karya musik yang dihasilkan oleh musisi Jepang. Jadi nggak usah heran kalau musisi Jepang mendapatkan apresiasi selayaknya. Kondisi ini yang bikin musik mereka kuat dan bisa terus bertahan di era dunia digital seperti sekarang.

  1. Pembatasan Musik Video

Musik video pasti menjadi bagian nggak terpisahkan dari sebuah karya musik. Lain dengan banyak negara lain yang sering banget kasih musik video mereka secara full version. Ternyata industri J-Pop nggak mengambil langkah yang populer itu lho. Langkah itu adalah dengan pemabtasan musik video yang ditampilkan. Jadi nantinya mereka tidak menampilkan musik video secara full atau hanya seperempat maupun setengah video saja.

Kenapa sih mengambil langkah yang tidak populer begitu? Alasannya sederhana saja lho karena dengan tidak menampikan MV secara penuh maka akan membuat penggemar menjadi penasaran. Rasa penasaran inilah yang akan membuat mereka mau nggak mau harus membeli album si musisi tersebut. Langkah sederhana tapi ternyata terbukti sangat efektif lho.

  1. Kewajiban Datang ke Konser

Dengan adanya dunia digital seperti sekarang memang membuat banyak karya bisa dinikmati tanpa harus mendengarkan konser langsung. Namun ternyata di Jepang sendiri sedikit berbeda lho. Perbedaan tersebut adalah terciptanya sebuah kultur untuk memiliki kewajiban datang ke konser. Nggak sembarangan lho karena pada konser sendiri, banyak musisi menampilkan performa luar biasa ketika konser langsung. Bahkan banyak yang mengakui lho kalau sound system di setiap konser Jepang memiliki kualitas di atas rata-rata.

  1. Genre yang Beragam

Sedangkan untuk alasan terakhirnya adalah karena J-Pop ini memiliki genre yang beragam. Jadi kamu nggak akan pernah bosen deh kalau dengerin musik J-Pop. Banyak sekali genre yang ditawarkan buat kamu. Buat dari rock, pop, balad hingga masih banyak yang lainnya. Nggak heran deh kalau jumlah penggemar dari J-Pop ini terus bertambah dari waktu ke waktu. Soalnya berbagai pilihan genre musik tersedia lengkap untuk setiap jenis penggemarnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan alasan J-Pop ini makin eksis di dunia digital. Nggak heran deh apalagi kalau melihat berbagai keunggulan yang dimiliki oleh J-Pop ini.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *